PPI-UTKL

 

 

 

Bimbingan registrasi bagi mahasiswa baru oleh bapak Taufiq Salengke.

 

Bimbingan dan Konsultasi Registrasi oleh PPI-UT

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Universitas Terbuka Pokjar Kuala Lumpur pada hari Minggu, 21 Mei 2017, mengadakan kegiatan bimbingan registrasi bagi mahasiswa baru. Bimbingan dilakukan oleh seluruh Pengurus PPI-UT terhadap mahasiswa UTKL di Musholla SIKL (Sekolah Indonesia Kuala Lumpur).

Peserta yang terdiri dari mahasiswa baru dan lama serta beberapa calon mahasiwa baru telah berada di SIKL sejak jam 10:00 pagi.

Bimbingan mahsiswa baru oleh ketua PPI UTKL

Pada kesempatan yang sama, beberapa mahasiswa jurusan hukum yang terdiri dari Sumarno, Dewi, Titin dan Ria terlihat khusuk mengikuti pengarahan seputar bimbingan Karya Ilmiah dan Kuliah Praktek Beracara oleh Koordinator UT Malaysia, Taufiq Salengke.

Disisi lain, beberapa anggota PPI UTKL yang selama acara berbaur dengan mahasiswa lainnya untuk menjelaskan tips memilih mata kuliah dan mekanisme proses registrasi.

Bermacam-macam keluhan yang timbul ketika mereka akan melakukan proses registrasi. Mulai dari tidak tersedianya katalog, susahnya mengatur jam belajar dikarenakan makul yang banyak dan kesulitan mendapatkan bahan ajar menjadi hal klasik yang selalu terjadi ketika memasuki semester baru.

Masalah katalog sebenarnya bisa diatasi dengan mendownload filenya di web UT secara mandiri. Jika masih kebingungan, mereka bisa meminta rujukan senior sesama jurusan untuk memilihkan mata kuliah yang akan diambil pada semester berikutnya.

Semakin banyak mata kuliah yang diambil, menandakan semakin bertanggung jawab seseorang atas proses pembelajaran. Tentu saja, mereka harus mengurangi waktu luang yang akan di konversi menjadi jam belajar. Mata kuliah yang tersedia pada semester-semester berikutnya dicicil satu persatu sebagai subjek tambahan dan juga sebagai tabungan waktu untuk mengantisipasi nilai E (harus mengulang) jika yang bersangkutan mendapat nilai tersebut pada mata kuliah yang diambil. Tentunya, mereka bisa mengulang mata kuliah tersebut dengan memanfaatkan jam kosong mata kuliah semester depan yang dicicilnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul adalah bahan ajar utama yang digunakan oleh mahasiswa UTKL. Mereka bisa membeli bahan ajar tersebut dengan memesan kepada pengurus. Mengingat proses pengiriman modul ke luar negeri cukup mahal, maka PPI UTKL menyarankan kepada mereka untuk memesan modul-modul yang akan digunakan pada semester sekarang dan semester depan. Strategi tersebut digunakan untuk mencegah terbuangnya waktu belajar pada semester depan dikarenakan lambatnya proses pengiriman. Alternantif lain bisa digunakan dengan membeli atau meminjam modul-modul bekas milik mahasiswa lainnya.

You may also like...

6 Responses

  1. Ria says:

    Kapan pendaftaran mahasiswa baru utkl dibuka?

  2. uswatun khasanah says:

    Assalamualaikum, saya seorang TKI asal temanggung jawatengah. Saya bekerja di melaka, sudah satu tahun saya disini. Saya berminat untuk meneruskan belajar saya di UTKL tp saya pun kurang faham bagaimana prosedurnya. Saya seorang lulusan accounting di smk negeri. Namun saya berniat meneruskan belajaR di prodi lain. Mohon bantuannya, terimakasih wassalamualaikum.
    ..

    • PPI UTKL says:

      Anda bisa mendaftarkan diri di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur membawa ijazah dan uang adm sekitar 600ringgit 🙂

  3. Kristinawwti Manalu says:

    Selamat sorw pak, saya luludan D3 rencana mau melanjutkan ke S1 lg. Apakah saya bisa mendaftar dan apa saja persyaratannya

    • PPI UTKL says:

      persyaratannya fotocopy ijazah terakhir dan uang adm. selanjutnya bisa menemui bapak T.H. Salengke diSekolah Indonesia Kuala Lumpur